Sabtu, 16 Oktober 2010

SAHABAT ITU....

Sebelumnya blog ini hanyalah opini gua saja,bukan sebuah teori, tapi sebuah pengalaman dan pandangan. Tidak bermaksud untuk merujukan blog ini kepada siapapun, ini hanya sebuah pendapat.

Ada dua definisi sahabat menurut pendapat gua:
1. Orang yang dekat dengan lo, selalu berada disisi lo dimanapun lo berada, dan tau segala aktivitas yang sedang lo jalanin, selalu berbagi cerita tetapi kadang seringnya searah, tapi nggak tau rahasia terbesar lo secara DETAIL.

2. Orang yang dekat dengan lo, nggak selalu berada di sisi lo tapi dia selalu cari lo kalo lagi ada masalah, berbagi cerita dua arah, dan tau rahasia terbesar lo secara detail.

Bagi gua kedua orang ini adalah sahabat, bagaimanapun kondisi mereka dan bagaimanapun cara mereka memperlakukan gua. Nggak ada manusia yang sempurna, kita nggak bisa melihat segala sesuatu yang baik dalam satu pribadi. Sempurna adalah cara kita melihat mereka apa adanya.

Orang pertama adalah orang yang selalu dekat dengan gua, semua orang mengira kita kembar atau kakak-adik. Jelas saja, gua selalu jalan bareng keluarga sahabat gua ini, gua mungkin udah dianggap keluarga sendiri. Kita selalu becandaan bareng, cerita bareng, dan menghabiskan waktu di akhir pekan bersama. Kita komunikasi tiap hari dengan cara apapun, jarang banget ada hari dimana kita nggak komunikasi sama sekali (biasanya adalah hari2 saat gua di luar negeri, ato hari2 disaat kita ingin sendiri dan sedang sedikit cekcok). Kalo dari sisi gua, sehari tanpa komunikasi dengan orang ini rasanya janggal banget, kayak kesepian dan gak ada teman ngobrol. Minimal gua tau kabar dia dan dia lagi ngapain hari itu. Dalam berbagi cerita, terkadang terjadi dalam keadaan satu arah. Gua adalah pihak yang mendengarkan, well no problem for me. That's what a friends are for. Kalo becandaan, baik langsung maupun tak langsung, bisa berubah menjadi pembunuhan yang paling mederita, yaitu: ketawa tanpa suara.
Sejujurnya gua jaraang banget cerita masalah gua ke dia, mungkin yang umum2 doang, dan bukan secara detail. kenapa? karena kadang gua merasa masalah gua jauh lebih ga penting daripada masalah dia, jadinya gua prefer untuk menyimpan masalah gua sendiri dari orang ini, dan lebih medengarkan masalah orang ini. for me, it's okay..Tapi orang ini selalu dengerin gua kalo gua cerita, cuma terkadang gua nggak bisa cerita secara detail ke dia, gua prefer untuk menyimpan cerita detail itu sendiri, entah kenapa ga ada alasan untuk masalah ini..

Orang yang kedua. Awalnya gua deket banget sama dia, hang out together every weekend, do some crazy things, dan banyak kelakuan aneh seperti saling mencoret2 kertas file dan membicarakan hal2 yang bisa dibilang tidak penting untuk dibicarakan. Pada saat kita deket itu, kita jarang banget berbagi cerita, mungkin berbagi tapi hanya sekedar tau doang, bukan secara detail. Lalu, ada sedikit "pertengkaran" diantara kami, entah karena alasan apa, yang pasti sangat tidak jelas, dan hubungan kami semakin menjauh. Bahkan kami sama sekali tidak ngobrol lagi, baik di dalam kelas maupun di dunia teknologi. Ada satu hal yang menarik, meskipun kondisi kami "dingin", terkadang dia masih mencoba berkomunikasi dengan gua hanya untuk menceritakan masalahnya, tapi esok harinya di kelas suasana kita masih "dingin"
Gua paling bisa menceritakan rahasia-rahasia dan cerita-cerita yang mungkin tidak diketahui orang lain ke orang ini. Entah kenapa gua percaya sama orang ini. Dia selalu cari gua di kala dia punya masalah, tapi kadang dia lupa gua kalo lagi have fun. Teman yang ada dikala sedih adalah teman yang paling baik. Nggak ada alesan yang bs menjelaskan kenapa gua bisa menceritakan secara detail ke orang ini,gua cuma mengikuti feeling gua, bahwa dia adalah orang yang tepat untuk mengetahui masalah dan rahasia gua. Mungkin dia juga berpikiran sama. Dia pendengar yang baik, dia menanggapi permasalahan gua dengan sangat baik, dia tidak menggurui gua dengan saran, dia terkadang hanya dengan tertawa, tapi itu membuat gua merasa permasalahan gua hanyalah sebuah serpihan kecil dari hidup ini, suatu hal yang tak perlu dipikirkan lebih jauh, tapi dipelajari agar tidak diulangi.

Blog ini didedikasikan untuk kedua sahabat gua. Kalian unik, dua2nya sangat berarti bagi gua. Love you all :)


2 komentar: